Triwisaksana : RDTR 2010 -2030 Harus Libatkan Partisipasi Warga Jakarta.


Bang Sani Triwisaksana saat Wawancara Media

Bang Sani Triwisaksana saat Wawancara Media

Jakarta (14/1) – Pada awal tahun 2013 ini, Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Jakarta akan memulai pembahasan mengenai Raperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi.

RDTR 2010 – 2030 ini merupakan turunan dari Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah disahkan pada Agustus 2011. Perda tersebut menjadi pedoman dan pengendalian pemanfaatan ruang Provinsi DKI Jakarta untuk 20 tahun ke depan. Dan RDTR ini akan mengatur peruntukan lahan dan Peraturan Zonasi secara lebih detail.

Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana menegaskan, bahwa pembahasan Raperda RDTR ini harus memperhatikan partisipasi seluruh warga Jakarta.

“Partisipasi warga Jakarta hingga tingkat Kecamatan dan Keluruhan dalam pembahasan RDTR 2010 – 2030 ini menjadi penting agar seluruh warga Jakarta mengetahui tentang peruntukan lahan yang ada, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran pemanfaatan lahan yang selama ini kerap terjadi,” tegas Triwisakana saat ditemui pada acara Kunjungan Kerja di Dinas Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta, Senin, 14/01/2013.

Pendapat senada juga disampaikan Anggota Balegda DPRD DKI Jakarta Rifkoh Abriani, ia menyatakan bahwa keterlibatan seluruh pihak dalam proses pembahasan RDTR 2010 – 2030 akan berdampak positif dan memunculkan kepercayaan publik terhadap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Triwisaksana menambahkan, Pembahasan RDTR 2010 – 2030 ini harus bertolak dari substansi yang ada, yaitu memperhatikan aspek pengembangan pusat kegiatan yang disesuaikan dengan kawasan Transit Oriented Development (TOD).

Mereka berharap agar seluruh masyarakat dapat memberikan masukan positif sehingga Perda ini makin berkualitas karena tingginya tingkat partisipasi warga Jakarta. [ard]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: